Minggu, 20 Mei 2012

Cara Membatasi Bandwidth Limit Per Komputer Dengan System Penalty

Langkah awalnya kita harus menyiapkan programnya dulu,  softperfect bandwith manager bisa di download di http://www.softperfect.com/products/bandwidth/ silahkan untuk membeli license untuk penggunaan bisnis. Untuk yang ingin sekedar belajar saya sediakan versi bajakannya tapi sekali lagi saya sangat rekomendasikan untuk membeli license bagi yang menggunakan software ini untuk keperluan bisnis! bukan apa-apa saya juga marah kalau ada yang membajak produk saya… silahkan download versi bajakan untuk belajar di sini.
License name: Pierre MAUCLAIR
License code: HTWX5-VK37S-CK2MG-AZBJQ-5LLFC-9QYMN-9TQFT-3DSQ8-QTM7E-X2YAG
Langkah kedua adalah menginstall program tersebut. Lalu mulai siapkan konfigurasi. Contoh dibawah adalah untuk jaringan dengan IP range 192.168.0.1 – 192.168.0.255, semua client dalam IP range boleh menggunakan full resource bandwith selama dalam batas penggunaan wajar, namun akan terkena penalty otomatis apabila menggunakan full resource selama 5 menit berturut-turut (biasanya download apabila lebih dari 5 menit, bisa di setting sesuai kebutuhan) Sekalian saya tambahkan rules untuk abuser jenis penggila browsing biasanya mereka membuka lebih dari 10 tab dalam waktu singkat ini akan mengganggu kualitas jaringan dan merugikan pengguna yang lain, dalam contoh saya memberlakukan maksimal koneksi adalah 60 (bisa di setting sesuai kebutuhan). Untuk rules berikutnya silahkan di tambahkan sendiri sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan. (contoh untuk squid transparent ikuti artikel yang lain)
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.  Tanggal bisa di gunakan atau di non-fungsikan untuk selamanya (contoh untuk squid transparent ikuti artikel yang lain)
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.









.. hem  selamat mencoba............! 

1 komentar: